Path: Top / S1_Final_Project / Dept._of_Mathematics / 2009 / Part_1

PENERAPAN METODE SQ4R MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

SISWA DI SMP MUHAMMADYAH XI ROGOJAMPI

Undergraduate Theses from JIPTUMM / 2015-05-09 05:07:23
Oleh : RIKEN KURNIANINGTYAS ( 04320041 ), Mathematics
Dibuat : 2009-04-13, dengan 3 file

Keyword : Metode SQ4R, Pendekatan Kontekstual, Meningkatkan Pembelajaran Matematika
Url : http://

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, (2) Ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, (3) Metode pembelajaran mana yang lebih baik antara metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual dengan pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data tentang aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB SMP Muhammadiyah XI Rogojampi dengan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kualitatif untuk aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, sedangkan untuk teknik kuantitatif hasil tesnya dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan bantuan program SPSS versi 14.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual dapat dikategorikan baik. (2) Siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. (3) Metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.


ABSTRACT

This research aim want to know: ( 1) Activity student in study of mathematics by using method of SQ4R through approach of contextual, ( 2) Complete learn student by using method of SQ4R through approach of contextual, ( 3) which Method study is which is better between method of SQ4R through]approach of contextual with conventional study.

Research type is research of experiment by using approach qualitative and quantitative. Data to be taken in this research is data concerning student activity and data result of learning student. While becoming obyek in this research is class student of VIIIA and class of VIIIB SMP Muhammadiyah XI Rogojampi with Linear System Equation items Two Variable. For the technique of data collecting, researcher use and observation of tes. Technique analyse the data of using technique qualitative for activity and complete learn student by using method of SQ4R through approach kontekstual, while for quantitative technique result of him analysed to use equality test two mean constructively program of SPSS version 14.0 .

Result research indicate that: ( 1) Activity student by using method of SQ4R through approach of kontekstual earn good isn't it. (2) Student have reached complete learn at study of mathematics by using method of SQ4R through approach of kontekstual Linear System Equation items Two Variable. ( 3) Method of SQ4R through approach kontekstual more either from conventional study.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, (2) Ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, (3) Metode pembelajaran mana yang lebih baik antara metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual dengan pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data tentang aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB SMP Muhammadiyah XI Rogojampi dengan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kualitatif untuk aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual, sedangkan untuk teknik kuantitatif hasil tesnya dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan bantuan program SPSS versi 14.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual dapat dikategorikan baik. (2) Siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. (3) Metode SQ4R melalui pendekatan kontekstual lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.


ABSTRACT

This research aim want to know: ( 1) Activity student in study of mathematics by using method of SQ4R through approach of contextual, ( 2) Complete learn student by using method of SQ4R through approach of contextual, ( 3) which Method study is which is better between method of SQ4R through]approach of contextual with conventional study.

Research type is research of experiment by using approach qualitative and quantitative. Data to be taken in this research is data concerning student activity and data result of learning student. While becoming obyek in this research is class student of VIIIA and class of VIIIB SMP Muhammadiyah XI Rogojampi with Linear System Equation items Two Variable. For the technique of data collecting, researcher use and observation of tes. Technique analyse the data of using technique qualitative for activity and complete learn student by using method of SQ4R through approach kontekstual, while for quantitative technique result of him analysed to use equality test two mean constructively program of SPSS version 14.0 .

Result research indicate that: ( 1) Activity student by using method of SQ4R through approach of kontekstual earn good isn't it. (2) Student have reached complete learn at study of mathematics by using method of SQ4R through approach of kontekstual Linear System Equation items Two Variable. ( 3) Method of SQ4R through approach kontekstual more either from conventional study.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUMM
OrganisasiMathematics
Nama KontakHafiz Ahya
AlamatJl. Raya Tlogomas 246
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon+62341 464318 ext. 151
Fax+62341 460101
E-mail Administratorakhi.ahya@gmail.com
E-mail CKOinfopus@umm.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Bakhtiar Effendi

Download...